Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Mengupas Istilah yang Dimaksud Zona Larangan Terbang

Wednesday, October 14, 2015, 2:39:00 PM WIB Last Updated 2015-10-14T21:40:17Z
Setelah pesawat ditemukan, hanya butuh beberapa dekade untuk  dunia   menyadari betapa kekuatan udara dapat digunakan untuk menghancurkan penduduk sipil. Contoh paling awal  adalah ketika rezim fasis Spanyol pada 1937 menyerang kota Guernica, ibukota budaya Basque yang merupakan basis pendukung demokrasi.
Dalam serangan tiga jam-panjang, pembom dan pesawat tempur membuang  100.000 pon bahan peledak tinggi dan membakar kota  dan mengakibatkan sekitar 1.600 orang tewas atau terluka. Dunia menanggapi dengan  kemarahan, tetapi organisasi internasional waktu itu terlalu lemah dan tidak siap untuk menghentikan pertumpahan darah tersebut.
Sukhoi SU 47
Sukhoi SU 47 Rusian
Dan di kemudian hari  PBB dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) memiliki alat untuk mencegah kekejaman udara terulang. Dimulai pada awal 1990-an, koalisi militer internasional mulai memberlakukan zona larangan terbang. Sebuah zona larangan terbang adalah daerah dalam suatu bangsa di tengah-tengah perang saudara atau pemberontakan, di mana angkatan udara rezim penguasa dilarang terbang. Jika melanggar konsekuensinya akan ditembak jatuh oleh pasukan PBB atau NATO.
F-35-USA
F-35-USA
Zona larangan terbang, pernah diberlakukan di   Irak dan Balkan pada 1990-an dan yang terakhir di  Libya. Dan hal ini selalu memunculkan kontroversi karena menekan rezim di wilayahnya sendiri. Untuk menerapkan zona larangan terbang  membutuhkan sebuah organisasi internasional untuk menekan pemerintah yang berdaulat serta menolak otoritas pemerintah yang diakui secara hokum.
Untuk membuat zona larangan terbang efektif, penengah harus bersedia dan siap untuk menghadapi pesawat rezim yang melanggar larangan tersebut, dan  melibatkan mereka dalam pertempuran udara yang  tentu saja memunculkan risiko pesawat koalisi juga akan bisa ditembak jatuh.
Untuk melindungi diri dan membuat larangan lebih efektif, penengah biasanya juga harus menyerang dan menghancurkan  lapangan udara, instalasi radar dan sistem anti-pesawat rezim penguasa.
Nah kali ini   kita akan melihat apa yang diperlukan untuk memberlakukan zona larangan terbang, dan apakah larangan terbang zona efektif mencapai  tujuan mereka. Tapi pertama-tama, mari kita bahas kapan, di mana dan mengapa larangan terbang zona dibutuhkan.
ASAL USUL ZONA LARANGAN TERBANG
Pada musim semi 1991, Amerika Serikat dan sekutu mengusir pasukan  Saddam Hussein dari negara tetangga Kuwait. Irak lama menindas  minoritas Kurdi. Ketika ada kabar pemberontakan Kurdi di Irak Utara  Saddam mengirim helikopter tempur bersenjata dengan napalm dan senjata untuk mengusir para pemberontak. Ratusan ribu warga sipil Kurdi melarikan diri dari serangan brutal, dan  terjebak di lereng bukit tandus di dekat perbatasan Turki tanpa makanan atau air. Presiden Amerika Serikat George H.W. Bush dan sekutu Eropa berada dalam situasi sulit. Mereka tidak mau mengganggu sadam tetapi juga tidak bisa membiarkan bencana kemanusiaan itu terjadi. [sumber: Globalsecurity.org].
Akhirnya mereka menemukan solusi. Pada bulan April 1991, PBB mengeluarkan resolusi  mengutuk represi Hussein Kurdi dan memanggil  negara-negara anggota untuk membantu dalam upaya bantuan. angkatan udara AS, Inggris dan Perancis kemudian  meluncurkan bantuan dan operasi penyelamatan besar-besaran. Resolusi itu memperingatkan Hussein tidak mengganggu upaya bantuan, dan sekutu menggunakan otoritas itu untuk menyatakan apa  pertama kali apa yang disebut zona larangan terbang. Zona itu merupakan wilayah  19.000 mil persegi (49.209 kilometer persegi) di wilayah utara paralel ke-36.
Pada tahun 1992, sebuah zona larangan terbang kedua dikenakan di daerah selatan dari paralel ke-32, untuk melindungi umat Islam Syiah yang juga memberontak. Ketika Saddam melanggar zona larangan terbang, pasukan koalisi menghukum mereka  dengan menembak jatuh pesawat rezim Irak, dan   menghancurkan sasaran militer Irak dengan rudal. Larangan itu berlanjut hingga Amerika Serikat menginvasi Irak untuk menggulingkan Saddam pada tahun 2003 [sumber: BBC News].
Pecahnya Yugoslavia pada awal 1990-an, dan pertumpahan darah yang mengakibatkan, memimpin pasukan NATO untuk memaksakan PBB memberlaukan  zona larangan terbang lain pada tahun 1993 di atas wilayah yang memisahkan diri dari Bosnia dan Herzegovina. Operasi   Penerbangan dimaksudkan untuk memblokir Serbia Bosnia, yang menguasai hampir semua pesawat militer di wilayah itu, agar tidak  menyerang tetangga Muslim mereka dari udara. Misi kemudian diperluas, dan NATO menyerang Serbia Bosnia denga menghancurkan instalasi rudal anti-pesawat, artileri dan kendaraan baja   dalam upaya untuk memaksa mereka untuk menghentikan agresi mereka [sumber: Keating, Globalsecurity.org].
Setelah pemberontakan   meletus terhadap diktator Libya Muammar Gaddafi pada   2011, Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi 1973, yang melarang semua penerbangan di wilayah udara Libya dan member wewenang  anggota PBB untuk bertindak secara individu atau sebagai sebuah kelompok untuk mengambil “semua langkah yang diperlukan” untuk melindungi warga sipil Libya [sumber: UN.org].
Karena konsep zona larangan terbang sangat baru – kecuali Libya, mereka hanya diberlakukan di tiga konflik – dan durasi dan tujuan bervariasi, belum ada buku pedoman yang standar   cara mengatur dan menegakkan larangan tersebut.
Kewenangan hukum untuk membuat larangan terbang zona berasal dari Bab 7, Pasal 42 dari Piagam PBB, yang menyatakan bahwa jika diplomasi tidak mampu menyelesaikan ancaman bagi perdamaian internasional, PBB dapat mengizinkan “demonstrasi, blokade, dan operasi lainnya melalui udara, laut, atau angkatan darat “[sumber: UN.org]. Dengan demikian, langkah pertama adalah mendapatkan mandat dari 15 anggota Dewan Keamanan PBB. Yang biasanya memerlukan beberapa diplomasi cekatan, karena salah satu dari lima anggota tetap – Amerika Serikat, Cina, Rusia, Inggris dan Perancis – dapat memblokir aksi dengan hak veto. Dalam kasus Libya zona larangan terbang, Cina dan Rusia menentang rencana tetapi dibujuk oleh para pendukung untuk kemudian memilih abstain [sumber: UN.org].
Resolusi PBB tentang zona larangan terbang di   Libya hanya menjabarkan  parameter yang paling dasar. Yakni   melarang setiap penerbangan di wilayah udara Libya, kecuali untuk misi kemanusiaan  atau untuk mengevakuasi warga negara asing dari daerah konflik. Hal ini juga memberi kewenangan negara-negara anggota untuk menegakkan larangan tersebut, asalkan mereka memberitahu PBB dan melaporkan kembali secara bulanan terhadap detail tindakan mereka dan memberikan informasi pada setiap pelanggaran larangan tersebut. Anggota PBB juga berwenang untuk menolak izin  pada pesawat apapun untuk lepas landas dari  wilayah udara mereka sendiri [sumber: UN.org].
Setelah PBB telah memberikan izin, semua  benar-benar harus setuju untuk mengatur dan menegakkan larangan terbang. Di Libya, setelah negosiasi tambahan antara duta besar NATO dari berbagai negara anggota dan   termasuk Menlu AS Hillary Clinton dan rekan-rekannya dari Inggris, Prancis dan Turki, NATO setuju untuk mengambil peran.
Salah satu alasan yang memaksakan zona larangan terbang  begitu rumit adalah bahwa PBB dan negara-negara yang akan menyediakan pesawat, rudal dan personil harus setuju pada aturan keterlibatan  yang menguraikan, antara lain, kapan dan bagaimana menghadapi kemungkinan pelanggar, berapa banyak kekuatan dapat digunakan untuk melawan mereka, dan siapa kewenangan mengambil tindakan dalam situasi seperti itu.
BAGAIMANA DILAKUKAN? BAGAIMANA MENGAMANKAN LANGIT?
Ukuran PBB dan Negara koalisi untuk memberlakukan dan menegakkan zona larang berbeda sedikit bervareasi di berbagai tempat. Di Irak, misalnya, angkatan udara koalisi dioperasikan di bawah Roes cukup ketat, sehingga mereka dipaksa untuk bermain kucing-kucingan dengan pelanggar karena tidak diperbolehkan menyerang system pertahanan udara Irak. Di Libya, sebaliknya, otorisasi luas PBB dari “semua langkah yang diperlukan” memberi NATO banyak kelonggaran [sumber: Robinson].
Akibatnya, langkah pertama dalam Operasi Odyssey Dawn, sebagai 2011 misi dijuluki di Amerika Serikat, bukan patroli, tapi serangan. Pada hari pertama, kapal Angkatan Laut AS dan Inggris melepaskan berondongan 112 rudal jelajah Tomahawk pada 20 sasaran militer Libya, melumpuhkan radar Gaddafi, infrastruktur perintah , dan instalasi rudal anti-pesawat. Tujuannya adalah untuk “membentuk” ruang pertempuran dengan mengurangi risiko untuk pilot NATO yang akhirnya akan patroli dengan lebih aman [sumber: Robinson, Knickerbocker].
Setelah pesawat mata-mata tanpa awak dikirim untuk menilai kerusakan hari pertama, pesawat US Navy
radar-jamming mulai terbang di atas Libya sebagai langkah tambah untuk menetralkan apa yang tersisa dari pertahanan udara Gaddafi dan untuk mencegah angkatan udara kecil dan sudah tua dari Libya beroperasi. Pada saat yang sama, pesawat dari Amerika Serikat dan pasukan NATO lainnya mulai membidik  sasaran-sasaran militer Libya, dengan tujuan untuk lebih mengurangi kemampuannya untuk menyerang pemberontak dan warga sipil [sumber: Robinson, Knickerbocker].
Awak pesawat yang   patroli di wilayah udara Libya memiliki pekerjaan yang rumit. Menurut sebuah artikel di situs Web NATO, mereka menghabiskan sekitar empat jam penjelasan tentang kecerdasan terbaru, mempelajari data cuaca dan posisi pesawat koalisi lainnya, serta menyiapkan dan memeriksa peralatan dan pesawat mereka sebelum terbang ke langit. Setelah di udara, mereka menerima update intelijen kedua dari pesawat pengintai, dan kemudian terbang di seluruh wilayah, melihat apakah ada pesawat  memasuki zona larangan terbang. Jika salah satu ditemukan, mereka menentukan apakah pesawat musuh  atau yang sudah memasuki wilayah udara benar-benar karena kesalahan. Sebelum mengambil tindakan terhadap penyusup, mereka umumnya harus mendapatkan izin dari komandan di darat  [sumber: Booth].
Jika patroli mengikuti pola yang sama seperti yang mereka lakukan di Bosnia, mereka akan biasanya tinggal di udara selama empat sampai lima jam, pengisian bahan bakar dalam penerbangan jika diperlukan.
EFEKTIVITAS ZONA LARANGAN TERBANG
Para ahli mengatakan bahwa menegakkan larangan terbang di Libya selama jangka waktu tertenu mungkin menjadi tantangan besar bagi NATO. Hal ini karena  Libya mencakup wilayah 680.000 mil persegi (1.761.191 kilometer persegi). Sisi positifnya, sebagian besar penduduk tinggal di 10 persen dari wilayah tersebut, di daerah sempit sepanjang pantai [sumber: France24]. Sebuah analisis oleh Pusat Penilaian Strategis dan Anggaran Maret 2011 memperkirakan biaya memberlakukan zona larangan terbang di seluruh negeri untuk jangka waktu enam bulan adalah $ 3.1 miliar hingga $ 8,8 miliar [sumber: Harrison dan Cooper].
Selain itu, larangan terbang zona memunculkan risiko terhadap pilot NATO. Di Bosnia pada tahun 1995, piloty F-16 Kapten. Scott O’Grady dari Angkatan Udara AS dihantam oleh rudal permukaan-ke-udara. Grady dipaksa untuk keluar dengan kursi injeksi dan jatuh wilayah Serbia yang sedang bergolak. Mengandalkan pelatihan kelangsungan hidupnya, ia menghabiskan enam hari mengerikan menghindari pengejar Serbia Bosnia, makan semut dan menampung air hujan dalam kantong plastik untuk air minum. Untungnya, ia mampu menjalin kontak radio dengan pesawat pencarian US, dan akhirnya diselamatkan oleh tim Marinir [sumber: Fedarko].
Di Irak, Saddam Hussein dilaporkan menawarkan $ 14.000 hadiah di akhir 1990-an kepada siapa saja yang bisa menembak jatuh pesawat koalisi, tapi untungnya tidak ada yang pernah mampu mengumpulkan [sumber: McGeary]. Bahkan di Libya, di mana pertahanan anti-pesawat telah hancur, pesawat NATO masih rentan terhadap tembakan beruntung dari rudal panggul. Menurut laporan kawat layanan Rusia, Gaddafi dilaporkan memiliki 600 hingga 1.500 senjata tersebut, dan telah menyerahkan mereka kepada pendukung [sumber: RIA Novosti].
Kritik dari larangan terbang zona juga mempertanyakan apakah mereka benar-benar mencapai tujuan mereka dimaksudkan untuk mencegah rezim lalim membunuh rakyat mereka sendiri. Di Bosnia, misalnya, zona larangan terbang gagal mencegah pasukan Serbia Bosnia dari mengepung Srebrenica dan membantai 7.000 pria Muslim Bosnia dan anak laki-laki di sana pada tahun 1995 [sumber: BBC News]. Selain itu, di Libya, masih belum jelas seberapa efektif zona larangan terbang akan dalam menghalangi diktator Libya Gaddafi dari menekan pemberontakan. Pasukan darat rezim – tank, artileri dan tentara bayaran asing – masih jauh lebih unggul dalam kekuatan oposisi sebagian besar tidak terlatih, buruk bersenjata dan tidak terorganisir. Akibatnya, beberapa telah mengkritik zona larangan terbang sebagai ukuran setengah jalan, dan berpendapat bahwa satu-satunya cara untuk mencegah pembantaian adalah   Amerika Serikat dan sekutunya untuk menyerang Libya dengan pasukan darat dan menggulingkan Gaddafi. Namun Presiden Obama, dalam pidato Maret 2011, hal itu terlalu berisiko. Jadi sampai saat ini zona larangan terbang sepertinya masih menjadi pilihan.
Sumber: howstuffworks.com
ADVERTISE

Komentar

Tampilkan


  • Mengupas Istilah yang Dimaksud Zona Larangan Terbang
  • 0

Terkini


Topik Populer

Iklan