Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Ternyata Su-24 Rusia yang Ditembak Jatuh Jet Temur F-16 Atas Perintah PM Turki

Thursday, November 26, 2015, 5:41:00 AM WIB Last Updated 2015-11-26T17:52:23Z
Perdana Menteri (PM) Turki, Ahmet Dayutoglu mengaku bahwa dialah yang memerintahkan militer Turki untuk menembak jatuh pesawat jet pembom (bomber) Su-24 Rusia. Pengakuan PM Turki itu disampaikan kepada media Kanada, ThinkPol.


PM Turki

Dalam insiden yang menghancurkan pesawat jet pembom itu, salah satu pilot Rusia tewas. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, tetap menyalahkan Rusia yang dia anggap melanggar wilayah udara Turki, meski Rusia dengan data radar telah menyangkal tuduhan itu, terlebih faktanya pesawat jet itu jatuhnya di wilayah Suriah, bukan Turki.

”Kami tidak ingin situasi ini terjadi, tapi semua orang harus menghormati hak Turki untuk membela perbatasannya," katan Erdogan kepada wartawan.”Tindakan militer sepenuhnya sejalan dengan aturan Turki.”

Banyak klaim Turki terkait alasan penembakan pesawat tempur Rusia itu telah dipertanyakan. Di saat muncul banyak keraguan, PM Davutoglu tiba-tiba mengklaim bertanggung jawab atas penembakan pesawat jet pembom Su-24 Rusia yang dia sebut sebagai kecelakaan.

”Meskipun semua peringatan (diberikan), kami harus menghancurkan pesawat,” katanya dalam pertemuan partai politiknya. “Angkatan Bersenjata Turki melakukanna atas perintah saya pribadi,” aku PM Turki itu.

Turki sebelumnya mengklaim telah memberikan peringatan selama lima menit kepada pilot tempur Rusia agar menjauh dari perbtasan Turki sebelum akhirnya pesawat tempur F-16 Turki menembak pesawat jet pembom Rusia itu. Tapi, salah satu pilot pesawat Su-24 yang masih hidup menyangkal klaim Turki. Menurutnya, tidak ada peringatan yang diberikan oleh Turki dan tiba-tiba pesawat tempur Rusia ditembak jatuh.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia telah memberikan bukti video yang membuktikan bahwa pesawat jet pembom tidak pernah memasuki wilayah udara Turki. Hal itu bertentangan dengan klaim Ankara yang menuduh bahwa pesawat jet pembom Su-24 Rusia melanggar wilayah udara Turki selama 17 detik.

Pengakuan PM Davutoglu diduga sebagai respons atas pernyataan keras Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, yang menyatakan penembakan pesawat jet pembom Su-24 telah direncanakan.

”Kami memiliki keraguan yang serius bahwa itu tidak disengaja, sepertinya provokasi yang direncanakan," katanya. "Kami tidak berencana untuk mengobarkan perang melawan Turki, sikap kami terhadap orang-orang Turki tidak berubah. Kami memiliki pertanyaan hanya kepada pemimpin Turki.”

Artikel terkait :





source: sindonews.com
ADVERTISE

Komentar

Tampilkan


  • Ternyata Su-24 Rusia yang Ditembak Jatuh Jet Temur F-16 Atas Perintah PM Turki
  • 0

Terkini


Topik Populer

Iklan