Next : Jet Tempur Kelas Berat Canggih yang di Operasikan Negara Asean - Artileri | Kumpulan Berita Militer

Next : Jet Tempur Kelas Berat Canggih yang di Operasikan Negara Asean


Jika sebelumnya sudah dibahas pesawat tempur Su-27 SK, Su-27 UBK, Su-27 SKM dan SU-30 MK, maka kali ini kita akan membahas 3 pesawat tempur kelas berat lainnya. Ketiga pesawat tempur ini adalah Su-30 MK2, Su-30 MKM dan F-15 SG. Langsung saja kita lanjutkan pembahasannya dibawah ini.

5. Pesawat Tempur Su-30 MK2 Buatan Rusia


Ilustrasi : Sukhoi Su-30 MK2 TNI AU
Pesawat tempur Su-30 MK2 adalah pesawat tempur yang dikembangkan dari Su-30 MK, dimana pesawat ini sudah menggunakan teknologi digital dan system avionic yang baru sehingga kemampuannya sudah meningkat. Pesawat tempur ini selain mampu menjalankan misi pertempuran air to air dan air to ground juga mempunyai kemampuan maritime strikeyang mumpuni.

Di Asia tenggara jumlah pesawat tempur Sukhoi ini cukup banyak yaitu sekiatr 45 unit, dimana 9 unit dimiliki Indonesia dan 36 unit dimiliki oleh Vietnam. Indonesia membeli pesawat tempur Su-30MK2 dalam dua kontrak berbeda, yaitu 3 unit Su-30 MK2 pada tahun 2007 bersamaan dengan 3 unit Su-27 SKM serta 6 unit Su-30 MK2 pada tahun 2011 yang lalu.

Sedangkan Vietnam membeli 36 unit Su-30 MK2 sejak tahun 2005 yang lalu dan terus ditambah sehingga jumlahnya saat ini mencapai 36 unit. Ini menjadikan Vietnam sebagai negara dengan jumlah pesawat tempur Sukhoi paling banyak di Asia tenggara.


6. Pesawat Tempur F-15 SG Buatan Amerika


Ilustrasi : Singapore Air Force F-15SG
Jika Indonesia, Malaysia dan Vietnam mengoperasikan pesawat tempur Sukhoi buatan Rusia sebagai pesawat tempur kelas beratnya, maka Singapura berbeda. Singapura mengoperasikan pesawat tempur kelas berat buatan Amerika yaitu F-15 SG yang merupakan varian F-15 Strike Eagle khusus untuk Singapura. Pesawat tempur ini memiliki radar APG-63 AESA yang sangat mumpuni yang menjadikannya sebagai pesawat tempur tercanggih di Asia Tenggara.

Singapura membeli pesawat tempur ini dari Amerika sebanyak 24 unit F-15 SG. Namun ada beberapa berita yang belum dikonfirmasi pemerintah Singapura yang menyebutkan bawah Singapura secara diam-diam sudah menambah jumlah pesawat tempur ini menjadi 40 unit F-15 SG. Hal ini membuat kekuatan udara Singapura menjadi yang terkuat di Asia Tenggara. Namun tidak semua dari 40 unit F-15 SG ini berada di Singapura, karena luas udara Singapura yang sangat kecil. Sebagain pesawat tempur F-15 SG SIngapura ini berada di Amerika serikat untuk keperluan Training.


7. Pesawat Tempur Su-30 MKM Buatan Rusia


Ilustrasi : Su-30 MKM Malaysia
Malaysia juga memiliki pesawat tempur kelas berat buatan Rusia yaitu 18 unit Su-30 MKM, yang dibeli pada tahun 2007 yang lalu. Keseluruhan pesawat tempur kelas berat ini sudah beroperasional di Malaysia. Berbeda dengan Su-30 MK2 yang dimiliki Indonesia dan Vietnam yang merupakan produksi KNAAPO, pesawat tempur Su-30 MKM Malaysia adalah buatan Irkuts Rusia.

Pesawat tempur Su-30MKM ini adalah salah satu varian pesawat tempur sukhoi tercanggih saat ini. Hal ini karena memiliki radar yang memiliki jangakauan yang lebih luas serta memiliki mesin dengan thrust vecktoring, sehingga membuat manuver pesawat ini semakin lincah.

Pesawat tempur Su-30 MKM ini diproduksi Irkuts Rusia dengan mengambil desain Su-30MKI India, namun memiliki beberapa komponen yang berbeda. Bersamaan dengan Su-30 MKA Algeria, ketiga jenis pesawat tempur keluarga Su-30 ini adalah yang terbaik dari semua varian Su-30.


Pesawat Tempur Rusia Mendominasi Asia tenggara



Dari penjelasan diatas, bisa disebut bahwa pesawat tempur buatan rusia yaitu Su-27/Su-30 family mendominasi jumlah pesawat tempur kelas berat di Asia Tenggara. Vietnam, Indonesia dan Malaysia mempercayakan kekuatan udaranya kepada pesawat tempur Sukhoi ini.

Hanya Singapura yang menggunakan pesawat tempur buatan Amerika yaitu F-15 SG alias F-15 Strike Eagle khusus Singapura. Meski demikian, F-15 SG adalah varian pesawat tempur tercanggih di Asia Tenggara menurut penulis.


Jet Tempur Kelas Berat Canggih yang di Operasikan Negara Asean
tags : pesawat tempur paling canggih di dunia, pesawat tempur paling canggih buatan rusia di asean, pesawat tempur paling canggih saat ini di asia tenggara, pesawat tempur paling canggih 2014, pesawat tempur paling canggih 2015, jet tempur tercanggih di asia tenggara, jet tempur tercanggih inggris, jet tempur tercanggih tni.


Klik like untuk mendapatkan pembaruan :



Back To Top