Ledek AS, Teheran Berencana Dirikan Patung 10 Marinir AS yang Tertangkap - Artileri | Kumpulan Berita Militer

Ledek AS, Teheran Berencana Dirikan Patung 10 Marinir AS yang Tertangkap


Pemerintah Teheran berencana mendirikan patung 10 pelaut Amerika Serikat (AS) yang ditangkap di perairan teritorialnya pada Januari 2016 lalu sebagai objek wisata. Ini merupakan ledekan terbaru dari Iran untuk AS.

Rencana pembuatan patung itu disampaikan Korps Garda Revolusi Iran (IRGC). Ke-10 pelaut AS itu ditangkap dan ditahan Garda Revolusi Iran setelah dua kapal mereka memasuki wilayah perairan Iran secara ilegal.

Para pelaut AS itu dibebaskan setelah Pemerintah Barack Obama melobi Teheran.

Menurut laporan Daily Telegraph, patung untuk mengolok-olok AS itu akan didirikan di Kharg, sebuah pulau kecil Iran di dekat Teluk Persia, di mana 10 pelaut AS pernah ditahan.

Selama ditahan, peralatan para pelaut AS itu dilucuti, termasuk laptop dan gadget GPS. Pejabat Garda Revolusi Iran, Jenderal Ali Razmjou, mengattakan peralatan itu telah dikembalikan ke pelaut-pelaut AS, meski Iran sempat menyitanya dengan dasar pelanggaran hukum internasional.

”Ada banyak foto insiden utama saat terjadi penangkapan marinir AS di Teluk Persia di media dan kami berniat untuk membangun simbol dari mereka, dalam salah satu monumen angkatan laut kita,” kata seorang Komandan Garda Revolusi Iran, Ali Fadavi kepada Iranian Defense Press, yang dilansir semalam (20/3/2016).



Klik like untuk mendapatkan pembaruan :


Tag : Iran, Usa

Back To Top