Rusia Pamerkan Pesawat Pengintai Canggih A-50U - Artileri | Kumpulan Berita Militer

Rusia Pamerkan Pesawat Pengintai Canggih A-50U


Kementerian Pertahanan Rusia memamerkan A-50U – airborne early warning and control aircraft (AEW&C, atau AWACS) paling canggih milik Angkatan Aerospace Rusia di sebuah pangkalan udara di Ivanovo Region.

Pesawat A-50U adalah pesawat yang ditujukan untuk mendeteksi dan melacak sejumlah aktivitas di udara, semacam pesawat tempur, pesawat pembom, rudal balistik, dan rudal jelajah. Pesawat juga dapat melakukan hal yang sama di darat (mendeteksi tank) dan target di permukaan laut. Tak salah jika pesawat ini dijuluki All Seing Eye.




Selain itu, pesawat ini juga bisa memberikan informasi kepada Pusat Komando tentang perkembangan di udara dan laut, mengarahkan jalannya pertempuran, dan serangan udara. Artinya, pesawat itu juga bisa menjadi Pusat Komando, seperti dikutip dariSputnik, Sabtu (21/5/2016)

Pesawat A-50U pada dasarnya adalah pusat pengolahan data raksasa yang dapat terbang. Pesawat ini berisi peralatan yang dioperasikan oleh 10 orang. Fitur utama dari pesawat ini adalah radar melingkar yang berputar (rotodome), yang dijuluki jamur di atas pesawat. Jika sistem otomatis gagal, operator bisa memutar radar dengan pegangan khusus.



Pesawat ini juga dapat melindungi diri dengan melakukan perang elektrik dan memiliki pengisian bahan bakar udara. A-50U, yang merupakan hasil pengembangan pesawat A-50, dapat melihat target pada jarak 800 km dan memiliki jangkauan operasional 7.500 km.


Klik like untuk mendapatkan pembaruan :



Back To Top