Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Rusia Kirim Rudal Anti Kapal Untuk Bentengi Suriah

Saturday, October 17, 2015, 1:05:00 PM WIB Last Updated 2015-10-17T21:16:34Z
WASHINGTON (RP) - Rusia dilaporkan telah mengirim rudal antikapal ke Suriah. Senjata supercanggih tersebut diperkirakan akan digunakan untuk menangkal kemungkinan intervensi militer asing dalam konflik di negara timur tengah tersebut.

Laporan yang mengutip sumber petinggi Amerika Serikat tersebut tidak dibantah Moskow. Bahkan, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menyatakan, pengiriman senjata tersebut tidak melanggar peraturan internasional apa pun.


Rudal KH-35E RUSIA
Rudal KH-35E
Hingga kini, Rusia merupakan salah satu sekutu sekaligus penyuplai senjata utama terhadap Suriah. Selama bertahun-tahun, dalam kontrak yang bernilai miliaran dolar, Rusia sudah menjual ribuan tank, unit artileri, pesawat terbang, helikopter, dan sistem pertahanan yang lain kepada Damaskus.

Menurut laporan New York Times, pengiriman terakhir oleh Rusia ke Suriah adalah versi paling canggih, yakni rudal Yakhont. Rudal itu memiliki panjang 6,7 meter dengan jarak jangkauan 290 kilometer dan mampu membawa hulu ledak berdaya tinggi.

Yakhont merupakan rudal pertahanan antikapal supersonik yang dirancang untuk pertahanan laut. Berdasar kemampuan terbangnya, Yakhont memiliki jangkauan 120 kilometer-300 kilometer.

Laporan AS itu menekankan suntikan kekuatan yang baru untuk memberikan kemampuan pada rezim Bashar al-Assad agar memukul mundur pasukan angkatan laut dari luar yang akan masuk ke wilayah perairan.

Jika laporan New York Times tersebut benar, ada dua hal penting yang bisa dipelajari dari laporan tersebut. Pertama, Rusia ingin memastikan bahwa tidak ada campur tangan Barat dalam konflik Suriah seperti yang sudah terjadi di Libya. Penempatan angkatan laut Rusia di Mediterania mendukung dugaan itu.

Namun, yang juga menjadi ketakutan lain adalah pengiriman Rudal Yakhont ke Suriah menjadi titik transit untuk dilanjutkan ke Hizbullah, sekutu Damaskus di Lebanon. Sebelumnya, Israel telah menegaskan bahwa pengiriman Yakhont merupakan awal yang bisa memicu serangan udara dari Israel terhadap depo-depo senjata milik Suriah  seperti dua pekan lalu.

Sergey kemarin menyatakan bahwa dirinya tidak mengerti soal alasan media dalam menciptakan sensasi terkait dengan pengiriman senjata tersebut. “Kami tidak menyembunyikan informasi. 

Kami hanya mengirim senjata sesuai dengan kontrak yang sudah ditandatangani tanpa melanggar peraturan internasional atau undang-undang kami,” jelasnya.

“Selain itu, pengiriman kami (ke Suriah) yang paling penting adalah sistem pertahanan anti pesawat. Itu tidak berpengaruh sama sekali dalam menciptakan instabilitas di wilayah regional atau dalam perang melawan oposisi,” ungkapnya.

Laporan tersebut muncul di tengah kekhawatiran yang meningkat terhadap penggunaan senjata kimia dalam konflik Suriah. Sejumlah pihak juga sedang mempersiapkan konferensi internasional tentang Suriah.

Di tempat terpisah, Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama juga bertemu di Washington Kamis (16/5) waktu setempat untuk membahas perang sipil Suriah. 

Mereka membahas strategi untuk memperkuat oposisi Suriah, membantu para pengungsi, dan mendorong komunitas internasional untuk semakin kuat dalam menekan Presiden Bashar al-Assad untuk bertransisi politik.

“Kami akan terus meningkatkan tekanan terhadap rezim Assad dan bekerja sama dengan oposisi Syria,” ujar Obama. “Perdana Menteri (Erdogan) telah berada di garis depan bersama komunitas internasional untuk mengupayakan transisi demokrasi di Syria tanpa Assad,” paparnya. (bbc/cnn/cak/c15/dos/jpnn)
ADVERTISE

Komentar

Tampilkan


  • Rusia Kirim Rudal Anti Kapal Untuk Bentengi Suriah
  • 0

Terkini


Topik Populer

Iklan