Uji Coba Rudal Balistik Berkemampuan Nuklir Pakistan Sukses - Artileri | Kumpulan Berita Militer

Uji Coba Rudal Balistik Berkemampuan Nuklir Pakistan Sukses


Pakistan melakukan uji coba rudal balistik jarak menengah berkemampuan nuklir miliknya, Shaheen III. Uji coba rudal ini adalah yang pertama kalinya dilakukan secara resmi, setelah diungkap pada awal tahun ini. Rudal itu ditembakkan di Laut Arab dan berhasil menempuh jarak 2,750 km, yang merupakan jangkauan maksimum rudal tersebut.

rudal balistik jarak menengah berkemampuan nuklir milik pakistan
Uji Coba Rudal Balistik Berkemampuan Nuklir Pakistan Sukses
"Uji coba berjalan sukses dengan mengambil titik dampak di Laut Arab untuk memvalidasi semua parameter yang diinginkan. Uji coba ini disaksikan oleh pejabat senior dari Pasukan Divisi Strategi dan Perencanaan, ilmuwan dan insinyur dari organisasi strategis," begitu bunyi pernyataan Angkatan Darat Pakistan, seperti disitir dari laman Russia Today, Jumat (11/12/2015).

Baca juga : Inilah 5 Pesawat Tempur Andalan Negara Cina

Pejabat militer dan sipil Pakistan, termasuk Presiden Mamnun Hussain dan Perdana Menteri Nawaz Sharif, memberikan ucapan selamat kepada para ilmuwan dan insinyur atas kesuksesan uji coba rudal Shaheen III.


Baca juga : Heli Agusta Westland AW-101, Calon Pengganti Heli Kepresidenan Super Puma

Rudal Shaheen III adalah versi terbaru dari rudal yang dikembangkan oleh militer Pakistan sebagai pesaing rudal Agni III milik India. Memiliki jangkauan menengah, membuat rudal ini bisa mencapai target dimana saja di India.

Baca juga : 
Berikut Ini Pesawat Tempur Paling Canggih Rusia yang Pernah Dimiliki TNI-AU

India dan Pakistan adalah musuh lama yang terlibat dalam perlombaan senjata regional. Keduanya bahkan mengembangkan senjata nuklir dan rudal yang mampu menjangkau setiap bagian kedua negara.


Source : Sindonews


Klik like untuk mendapatkan pembaruan :


Tag : Pakistan, Rudal

Back To Top