Jenderal Philip Desak AS Kirim Pesawat Mata Mata U-2 atau RC-135 ke Rusia - Artileri | Kumpulan Berita Militer

Jenderal Philip Desak AS Kirim Pesawat Mata Mata U-2 atau RC-135 ke Rusia


Komandan pasukan Amerika Serikat (AS)-Eropa ((EUCOM), Jenderal Philip Breedlove mendesak pihaknya untuk mengirimkan pesawat mata-mata ke Rusia. Breedlove mendesak pengiriman pesawat mata-mata U-2 dan RC-135.

"EUCOM menemukan dirinya dalam paradigma bergeser, dimana ancaman strategis yang disajikan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin membuat kami membutuhkan jaminan yang kredibel terhadap apa yang tersisa satu-satunya negara yang memliki kemampuan untuk menyerang tanah air kita," kata Breedlove.

"EUCOM membutuhkan platform pengumpulan intelijen tambahan, seperti U-2 atau RC-135, untuk membantu meningkatkan pengumpulan data intelijen," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (27/3).

U-2 adalah pesawat mata-mata yang digunakan oleh badan mata-mata AS atau CIA pada era perang dingin untuk memata-matai Rusia, yang kala itu masih bernama Uni Soviet.

Pada tahun 1960, sebuah pesawat U-2 ditembak jatuh oleh rudalSoviet di Rusia tengah. Pemerintah AS mengaku bahwa mereka memang telah mematai-mata Rusia, hal ini membuat hubungan AS dan Soviet langsung memburuk.



Klik like untuk mendapatkan pembaruan :



Back To Top