10 Tempat Pangkalan Militer Amerika yang Tersembunyi - Artileri | Kumpulan Berita Militer

10 Tempat Pangkalan Militer Amerika yang Tersembunyi


Amerika Serikat memilih tempat yang cukup tersembunyi untuk jadikan pangkalan militer. Tidak jarang, pangkalan militer itu ada di suatu pulau terpencil, sehingga hanya dapat terlacak di Google Maps. Sampai saat ini, belum jelas mengapa AS pilih beberapa lokasi misterius itu untuk jadikan pangkalan militer. Yang pasti, siapa juga yang diletakkan disana, mesti memiliki kekuatan bertahan hidup yang mengagumkan.

Berikut adalah 10 Pangkalan Militer Paling Tersembunyi Milik Amerika Serikat berdasar pada data yang ditulis Toptenz :

1. Pulau Shemya


Shemya Island yaitu pulau yang sangatlah kecil. Tempatnya ada dibagian pesisir selatan Alaska. Lebar pulau itu seputar dua mil serta panjangnya empat mil. Suhu di pulau dapat meraih 50 derajat Fahrenheit.

Di bangun pada saat perang dingin, tempat ini dipakai juga sebagai pangkalan terluar untuk menghadapi satelit mencurigakan dari Uni Soviet. Saat ini, fungsinya beralih jadi pangkalan angkatan hawa AS manfaat memonitor radar serta cuaca. Sekalian juga pusat pengisian bahan bakar.


2. Pangkalan Hawa Andersen


Pusat pangkalan hawa ini mempunyai peran yang penting waktu th. 1970-an. Di tempat itu, pernah berlangsung beragam serangan militer dari lawan Amerika Serikat. Pasukan AS jadikan pangkalan ini juga sebagai tempat untuk isi amunisi.

Tempat pangkalan ini ada di lokasi utara Guam. Saat ini, keberadaannya cuma dipakai untuk pengisian bahan bakar serta stock amunisi. Pangkalan ini pernah jadi perhatian waktu jadikan tempat pendaratan darurat pesawat luar angkasa.

3. Pangkalan Diego Garcia


Namanya memanglah cukup unik, Diego Garcia. Tempat pangkalan ini ada di pulai terpencil di Samudera Hindia. Pasukan AS telah ada di situ mulai sejak masa perang dingin. Maksudnya memanglah untuk menghadapi kemungkinan terburuk apabila ada permasalahan dengan Iran. Sekarang ini, pangkalan Diego Garcia dipakai juga sebagai pusat amunisi untuk operasi militer di Afghanistan. Sesekali beberapa tentara AS juga berlatih disini.


4. Pangkalan Hawa Kunsan


Kunsan terdapat di pulau terpencil Korea Selatan. Hadirnya pangkalan ini untuk berjaga jagalah apabila situasi memanas pada Korea Selatan serta Korea Utara berbuntut dengan perang miiter. Pangkalan ini di bangun mulai sejak masa perang dunia ke-2, tetapi baru digunakan saat perang Korea. Di pangkalan ini tidak ada masyarakat, murni terlepas dari warga sipil. Tetapi pangkalan ini dapat yaitu pangkalan paling jauh dari pangkalan militer AS yang lain.

5. Lembah Korengal Afghanistan


Waktu mengadakan operasi militer di Afghanistan, Amerika Serikat mempunyai beberapa pos militer rahasia. Beberapa ada di gurun untuk memonitor gerakan milisi Taliban. Satu diantaranya yaitu pangkalan di Korengal. Tempat pangkalan ini cukup unik lantaran terdapat dikelilingi gunung. Pangkalan ini dapat jadi tempat yang seringkali terserang oleh musuh AS. Sekurang-kurangnya ada 40 orang tentara tewas di tempat itu.


6. Pine Gap

 Dahulu, pangkalan ini di bangun pertama kali oleh Australia. Tetapi mulai sejak th. 2002, pihak Amerika Serikat memakai untuk kebutuhan militer serta membuatnya stasiun pelacakan satelit. Pada awal mulanya, lokasi ini sempat juga disebut-sebut juga sebagai 'area 51' versus Australia.

Ruang 51 yaitu suatu daerah terisolasi di AS yang dipakai juga sebagai pusat pembangunan rahasia serta percobaan pesawat-pesawat tempur generasi baru. Ruang ini dapat sangatlah populer lantaran disangka kuat juga sebagai pusat riset UFO.

7. Ruang 51


Seperti diterangkan pada awal mulanya, ruang ini yaitu pangkalan militer yang paling misterius punya AS. Terdapat dibagian terpencil di dalam gurun Nevada, Ruang 51 senantiasa dihiasi misteri. Ruang ini disebut-sebut juga sebagai pusat pembangunan rahasia serta percobaan pesawat - pesawat tempur generasi baru.

Ruang ini dapat sangatlah populer lantaran disangka kuat juga sebagai pusat riset UFO yang hingga saat ini dikira juga sebagai salah satu teori konspirasi yang belum tersingkap. Tetapi terakhir pada th. 2011, di ketahui bila di pangkalan ini, Amerika Serikat mengecek beberapa tehnologi perang Uni Soviet saat perang dingin.


8. Pangkalan Hawa Shamsi


Pangkalan ini terdapat di Pakistan. Mulai sejak dahulu, tidak ada yang tahu apa kesibukan resmi di pangkalan ini, bahkan juga Pakistan sekali juga. Disebut-sebut pangkalan Shamsi dikuasai oleh CIA untuk mengadakan beragam operasi ilegal. Termasuk juga penangkapan bos Al Qaeda Osama bin Laden.

9. Pulau Wake


Pangkalan ini terdapat diantara Honolulu serta Guam. Pulau ini sebenarnya pulau karang yang dikelilingi oleh lautan. Di dalam pulau ini juga masih tetap ada air laut. Walau tampak juga sebagai pulau indah, tetapi pulau ini sering dirundung topan serta badai. Selama perang dunia ke-2, pangkalan ini dipakai untuk memonitor Jepang serta jadi pemberi info pertama pada Pearl Harbour apabila ada serangan.

Tetapi sebenarnya, Pearl Harbour pernah terserang Jepang dikarenakan pangkalan ini telah lebih dahulu dibom. Sekarang ini, pangkalan militer ini hampir tidak tertangani. Beberapa batu serta bangunan terus dilewatkan manfaat kembali kenang serangan pada th. 1943 itu.

10. Pangkalan Hawa Thule


Ini yaitu pangkalan militer AS yang terdapat paling utara dunia. Tempatnya berdekatan dengan kutub utara, tepatnya di utara Greenland. Sesuai sama namanya, pangkalan ini senantiasa diselimuti salju. Tidak pernah ada yang tahu apa maksud dibuatnya pangkalan hawa di tempat ini. Dahulu, pangkalan ini pernah digunakan untuk memonitor gerakan Uni Soviet, tetapi tidak pernah terang. Pangkalan ini juga dimaksud masih tetap perawan. Sesaat ini, pangkalan cuma dipakai untuk kursus anggota baru.



10 Tempat Pangkalan Militer Amerika yang Tersembunyi
tags : tags : pangkalan militer bawah tanah tni, pangkalan militer monas, bunker bawah tanah rusia, pangkalan militer tercanggih, pangkalan militer terbesar di dunia, pangkalan militer di natuna , pangkalan militer tni di papua, pangkalan militer rahasia.


Klik like untuk mendapatkan pembaruan :



Back To Top