Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Kapal Perang Amerika Serikat Kembali Berlayar dekat LCS

Tuesday, May 10, 2016, 1:54:00 PM WIB Last Updated 2016-05-10T20:55:10Z
Kapal perang Amerika Serikat (AS) kembali berlayar di dekat pulau sengketa di Laut China Selatan pada Selasa (10/5/2016). AS tetap nekat melakukan manuver di dekat pulau sengketa meski sudah diperingatkan secara keras oleh China.


Kapal perang AS yang melakukan navigasi di dekat kawasan sengketa itu adalah kapal perang USS William P. Lawrence. Kapal ini berlayar dalam jarak 12 mil laut dari kepulauan Fiery Cross Reef yang diklaim China.


Kapal Perang Amerika Serikat Kembali Berlayar dekat LCS

”Untuk menantang klaim maritim berlebihan dari beberapa (negara) pengklaim di Laut China Selatan,” kata juru bicara Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau Pentagon, Bill Urban.
”Klaim maritime yang berlebihan ini tidak sesuai dengan hukum internasional yang tercermin dalam Konvensi Hukum Laut, bahwa mereka bermaksud untuk membatasi hak navigasi AS dan semua negara yang berhak untuk latihan,” lanjut Urban dalam sebuah pernyataan via email.


”Tidak ada (negara) pengklaim yang diberitahu sebelum (kapal) transit, yang konsisten dengan proses normal dan hukum internasional,” imbuh Urban, seperti dikutip Reuters.
Fasilitas di Kepulauan Fiery Cross Reef termasuk landasan pacu raksasa sepanjang 3.000 meter (10.000 kaki) telah membuat AS khawatir bahwa China akan menggunakannya untuk menekan klaim teritorial yang luas dengan mengorbankan negara pesaing yang lemah.

Pentagon pada bulan lalu menyerukan China agar mengurungkan niatnya untuk menyebarkan pesawat militer di Kepulauan Spratly yang disengketakan China dan beberapa negara ASEAN. China pernah mengerahkan pesawat militer di kepulauan itu dengan dalih mengevakuasi para pekerjanya yang sakit.

China sendiri berulang kali kesal dengan manuver AS di dekat pulau sengketa dengan dalih mengakkan kebebasan navigasi. 
ADVERTISE

Komentar

Tampilkan


  • Kapal Perang Amerika Serikat Kembali Berlayar dekat LCS
  • 0

Terkini


Topik Populer

Iklan