Mengulas Pesawat Tempur Su-30 MKM Canggih Malaysia - Artileri | Kumpulan Berita Militer

Mengulas Pesawat Tempur Su-30 MKM Canggih Malaysia


Pesawat tempur buatan Rusia, Su-30 MKM bisa disebut adalah pesawat tempur tercanggih yang ada di angkatan udara Malaysia saat ini. Bahkan bila dibandingkan dengan pesawat tempur sukhoi lainnya di Asia Tenggara, teknologi dalam pesawat tempur Su-30 MKM Malaysia ini lebih canggih. Lalu dimana kah letak kecanggihan pesawat tempur Malaysia ini? Mari kita bahas

Pesawat tempur Su-30 MKM ini dibeli Malaysia dari Rusia pada tahun 2003 yang lalu, dimana ketika itu Malaysia membeli 18 unit pesawat tempur buatan Rusia ini dengan nilai kontrak seiktar $900 Juta. Pesawat tempur ini mulai berdatangan pada tahun 2007 sampai 2009 lalu dan ditempatkan di pangkalan udara Malaysia di Gong Kedak. 


Baca juga : Mengupas Perbedaan Pesawat Tempur Su-24, Su-30MKK, Su-35BM Milik Rusia


Gambar Ilustrasi Pesawat tempur Su-30 MKM
Pesawat tempur Su-30 MKM ini dibangun dengan design yang sama dengan Su-30 MKI India namun memiliki beberapa komponen avionic yang berbeda.

Baca juga : NATO Tanam Perisai Rudal dan Senjata Hipersonik, Rusia : Situasi Semakin Memanas

Sama seperti pesawat tempur Sukhoi-30 family lainnya, pesawat tempur ini adalah pesawat tempur kelas berat dengan kemampuan angkut senjata yang besar serta memiliki radius tempur yang luas sehingga membuatnya begitu menggetarkan lawan. 


Tidak hanya itu, kemampuan manuvernya yang sangat mumpuni menambah kecanggihan pesawat tempur Malaysia ini. Apalagi mesin Saturn AL-31FP turbofans yang terpasang di pesawat ini memiliki teknologi Thrust Vector Control (TVC) yang menambah manuver pesawat tempur ini. Pesawat tempur ini juga mempunyai canard di dekat hidung pesawat yang menambah kemampuan manuvernya.

Baca juga : Putin : Silahkan Jika Jet Tempur Turki Ingin Merasakan S-400 Rusia

Pesawat tempur ini semakin bertaji berkat lengkapnya senjata dan Rudal yang dimilikinya seperti rudal BVR R-77 (setara Aim-120), rudal air to air jarak pendek R-73 (setara Aim-9 sidewinder), rudal air to ground KH-31 dan beberapa senjata mematikan lainnya. 

Bahkan pesawat tempur tercanggih Malaysia ini sudah dilengkapi dengan jamming pod yaitu KNIRTI SAP-518 yang mampu merusak jaringan radar lawan sehingga lawan akan semakin kesulitan melawan pesawat tempur ini. 

Artikel terkait :


Pesawat tempur ini juga mempunyai Thales Damocles Laser Designation Pod (Thales) yang menambah kemampuan pesawat ini menghancurkan sasaran di darat dari jarak jauh dengan presisi tinggi.

Baca juga : 10 Tahun Lagi PT Dirgantara Indonesia Akan Memproduksi Pesawat Tempur Sendiri

Kecanggihan lainnya dari pesawat tempur Su-30 MKM ini adalah radarnya yang sangat mumpuni. Radar yang digunakan dalam pesawat tempur Su-30 MKM ini adalah radar NIIP N011M yang memiliki daya endus yang lebih jauh daripada radar NIIP N001VEP yang digunakan pada Su-30 MK2 Indonesia dan Vietnam. 


Kemampuan endus radarnya jauh lebih baik dari radar pesawat tempur lain yang ada di Malaysia. Sebut saja pesawat tempur F/A-18 D Hornet, Mig-29 M dan Hawk-108/208, kemampuan endus radarnya tidak ada yang bisa mengalahkan pesawat tempur Su-30 MKM Malaysia. Sehingga tidak salah jika disebut bahwa Su-30 MKM adalah pesawat tempur tercanggih Malaysia.

Baca juga : Inilah 5 Pesawat Tempur Andalan Negara Cina

Bahkan pesawat tempur Su-30 MKM ini adalah salah satu pesawat tempur tercanggih di Asia Tenggara. Mungkin lawan yang sepadan dari pesawat ini adalah pesawat tempur F-15 Strike Eagle Singapura yang sering disebut dengan F-15 SG. Kemampuan endus radarnya nyaris sama, meski F-15 Strike Eagle milik Singapura masih lebih baik dan technology radar F-15 SG Singaura yang sudah menggunakan radar AESA juga masih lebih baik dari teknologi radar Su-30 MKM.



Mengulas Pesawat Tempur Su-30 MKM Canggih Malaysia

tags : Angkatan Udara Malaysia, Kekuatan Tempur Udara RI Vs malaysia, jumlah pesawat tempur malaysia 2016 , pesawat tempur malaysia tercanggih, jumlah pesawat tempur malaysia 2014, pesawat tempur malaysia 2010, pesawat tempur singapura, pesawat tempur forum, pesawat tempur paling cepat, jet tempur malaysia terbaru, Pesawat Tempur Su-30 MKM Canggih Malaysia, Jet Tempur Rafale
 Malaysia, arileri malaysia, pesawat tempur F-15 Strike Eagle Singapura, kekuatan militer malaysia, 
militer malaysia 2016, Su-30 MKI India, militer india, militer singapura.



Klik like untuk mendapatkan pembaruan :



Back To Top