Jumlah Lengkap Pesawat Tempur Indonesia Pada Tahun 2015 - Artileri | Kumpulan Berita Militer

Jumlah Lengkap Pesawat Tempur Indonesia Pada Tahun 2015


Berapa jumlah pesawat tempur Indonesia tahun 2015 adalah sebuah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh masyarakat awam yang baru mendalami dunia militer khususnya militer Indonesia. Hal ini karena rasa penasaran yang cukup besar untuk mengetahui kekuatan alutsista khususnya pesawat tempur yang dimiliki Indonesia. Namun sangat jarang sekali artikel di internet yang secara gamblang membahas jumlah pesawat tempur Indonesia ini.

Menjawab pertanyaan sederhana ini, maka diartikel ini akan dibahas secara gamblang dengan tujuan agar masyarakat awam mengetahui jumlah pesawat tempur Indonesia sehingga mendapat gambaran mengenai kekuatan militer Indonesia


Pesawat Tempur Indonesia Pada Tahun 2015
Pesawat Tempur Indonesia Pada Tahun 2015
Namun sebelum terlalu jauh, perlu penulis jelaskan bahwa pesawat tempur yang dibahas adalah pesawat tempur murni (tempur sergap) dan pesawat tempur taktis (Tempur taktis) saja. Sedangkan pesawat latih dasar dan latih mula serta pesawat transport tidak dibahas dalam artikel ini.

Baca juga : 
Mengulas Pesawat Tempur Su-30 MKM Canggih Malaysia

Di Indonesia sendiri pesawat tempur dibagi dalam dua kategori besar yaitu pesawat tempur sergap dengan kode TS (tempur sergap) dan pesawat tempur taktis dengan kode TT (tempur taktis). Pesawat tempur sergap biasanya adalah pesawat tempur multirole yang memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai misi seperti air supremacyair to groundmaritime strike dan lainnya. 


Sedangkan pesawat tempur taktis biasanya terbatas hanya sebagai pesawat latih dan pesawat dengan kemapuan serangan darat dan udara yang terbatas.

Untuk pesawat tempur sergap (TS) Indonesia memiliki 3 tipe pesawat tempur ini, yaitu pesawat tempur Su-27/30 buatan Rusia, pesawat tempur F-16 buatan Amerika, dan F-5 buatan Amerika. Namun pesawat tempur F-5 sudah tua dan sebentar lagi akan segera digantikan dengan pesawat tempur yang lebih canggih.


Baca juga : Mengupas Perbedaan Pesawat Tempur Su-24, Su-30MKK, Su-35BM Milik Rusia

Jumlah pesawat tempur Su-27/30 milik Indonesia adalah 16 unit, dimana 11 unit adalah varian Su-30MK/MK2 dan 5 unit varian Su-27 SK/SKM. Skuadron pesawat tempur buatan Rusia ini ada di Makassar, Sulawesi Selatan. Jumlah pesawat tempur F-16 Indonesia sampai saat ini ada 15 unit, yang terdiri dari 10 unit F-16 Block 15 OCU dan 5 unit F-16 setara Block 52. Dan sebentar lagi akan ditambah 19 unit F-16 setara Block 52 lagi sehingga totalnya nanti ada 34 unit. 


Sedangkan pesawat tempur F-5 Indonesia saat ini jumlahnya hanya beberapa unit yang bisa terbang karena sudah tua dan sebentar lagi sudah diganti, sehingga tidak ikut dihitung dalam artikel ini. 

Baca juga : Inilah 5 Pesawat Tempur Andalan Negara Cina

Dengan demikian maka jumlah pesawat tempur sergap Indonesia adalah 50 unit pesawat tempur yang terdiri dari 16 unit pesawat tempur Sukhoi buatan Rusia dan 34 pesawat tempur F-16 buatan Amerika.

Selain pesawat tempur sergap, Indonesia juga memiliki beberapa skuadron pesawat tempur taktis yang terdiri dari 2 skuadron Hawk-109/209 yang berlokasi di Pontianak dan Pekanbaru, 1 skuadron pesawat anti gerilya (COIN) EMB-314 Super Tucano buatan Brazil dan 1 skuadron pesawat tempur latih T-50i Golden eagle buatan Korea Selatan.

Jumlah alutsista pesawat tempur taktis Indonesia ini adalah 36 pesawat tempur Hawk-109/209, 8 unit pesawat tempur COIN EMB-314 (sebentar lagi akan datang 8 unit lagi sehingga totalnya akan menajdi 16 unit) dan 16 unit pesawat tempur latih LIFT T-50i Golden Eagle. Sehingga jumlah pesawat tempur taktis Indonesia saat ini adalah sekitar 60 unit pesawat tempur. Jika EMB-314 Super Tucano sudah lengkap maka jumlahnya menjadi 68 unit pesawat tempur taktis.

Dengan demikian, maka jumlah pesawat tempur Indonesia tahun 2015 ini adalah 118 pesawat tempur dimana ada 50 pesawat tempur sergap dan 68 pesawat tempur taktis. Kunjungi artikel berikut untuk melihat daftar lengkap pesawat tempur Indonesia ini Jumlah pesawat tempur Indonesia ini akan bertambah banyak jika pengganti pesawat tempur F-5 E/F sudah datang ke Indonesia. Kita tunggu saja.


Jumlah Lengkap Pesawat Tempur Indonesia Pada Tahun 2015
tags : jumlah Pesawat Tempur Indonesia Th 2015, Jumlah alutsista pesawat tempur taktis Indonesia,  pesawat tempur F-5 Indonesia, pesawat tempur sergap Indonesia, pesawat tempur Su-27/30 indonesia, jumlah pesawat tempur indonesia saat ini, pesawat tempur indonesia tercanggih, pesawat tempur buatan indonesia, daftar pesawat tempur indonesia, jumlah pesawat tempur indonesia, koleksi pesawat tempur indonesia, pesawat tempur tercanggih, video pesawat tempur indonesia.


Klik like untuk mendapatkan pembaruan :



Back To Top