Mengupas Perbedaan Pesawat Tempur Su-24, Su-30MKK, Su-35BM Milik Rusia - Artileri | Kumpulan Berita Militer

Mengupas Perbedaan Pesawat Tempur Su-24, Su-30MKK, Su-35BM Milik Rusia


Mengupas Perbedaan Pesawat Tempur Su-24, Su-30MKK, Su-35BM Milik RusiaSukhoi memang lebih dikenal sebagai pembuat pesawat tempur. Menilik sejarahnya, Sukhoi merupakan perusahaan yang dibangun oleh Pavel Sukhoi, ahli aviasi yang ‘dibentuk’ oleh suasana perang. Ini menyebabkan Pavel Sukhoi mendalami desain pesawat yang digunakan untuk kepentingan perang.

Sejarah perusahaan ini tidak bisa terlepas dari seorang Pavel Sukhoi, salah seorang desainer pesawat Soviet terhebat.


Baca juga : Megenal Jet Tempur Sukhoi Su-47 Berkut Rusia

Sukhoi lahir di tahun 1910. Masa awal karirnya banyak didera kegagalan. Sukhoi pernah jadi anak didik Andrey Tupolev, bapak aviasi modern Rusia. Dari tahun 1920 hingga 1930 Sukhoi bekerja sebagai insinyur senior pada Tupolev di TsAGI (Institut Pusat Aero-Hidrodinamik), disini Sukhoi sempat merancang beberapa pesawat pengebom dan pesawat tempur.

Baca juga : Mengupas Tentang Pesawat Pengebom Tupolev Tu-160 Blackjack Rusia

Pada September 1939 pemerintahan Rusia menunjuk Sukhoi untuk mengepalai sebuah organisasi baru bernama OKB-134 (sebuah biro desain eksperimental) di kota Kharkov, Ukraina. Selama menjabat di organisasi ini antara tahun 1930 dan 1940an Sukhoi berhasil memproduksi beberapa desain gemilang, namun tersandung kecelakaan saat tes, oposisi politik, dan Stalin. 


Baca juga : Helikopter Mi-24 Andalan Rusia

Setelah PD Stalin menunjuk Sukhoi untuk bersama beberapa desainer aviasi rusia terkemuka untuk membangun pesawat tempur Rusia generasi pertama. Sukhoi pun menggunakan pesawat Jerman Me 262 sebagai fondasi penciptaan pesawat tempur Su-9 miliknya.

* Sukhoi Su-24


Sukhoi Su-24 Fencer

Sukhoi Su-24 (kode NATO: 'Fencer') adalah sebuah pesawat penyerang segala cuaca supersonik Uni Soviet yang paling maju pada tahun 1970-1980an. Pesawat ini diawaki dua orang, mempunyai dua mesin dan merupakan pesawat Soviet pertama yang memiliki perangkat navigasi dan serang digital terintegrasi. 

Baca juga : Sukhoi T-50 PAK FA, Jet Tempur Siluman 100 % Digital Milik Rusia

Secara fisik mirip dengan General Dynamics F-111 Aardvark dari Amerika Serikat, namun memiliki kemampuan mendekati Panavia Tornado IDS dari Inggris dan Jerman.

Spesifikasi Sukhoi Su-24 :


Spesifikasi Sukhoi Su-24

Persenjataan Sukhoi Su-24 :


Persenjataan Sukhoi Su-24 :


* Sukhoi Su-30MK2


Sukhoi Su30MKK Flanker-G

Sukhoi Su-30MKK ( nama pelaporan NATO : Flanker-G ) adalah pesawat tempur modifikasi dari Su-30, menggabungkan teknologi canggih dari varian Su-27M. Pesawat Su-30MKK dikembangkan oleh Sukhoi Company (JSC) pada tahun 1997, sebagai hasil dari langsung permintaan tender antara Federasi Rusia dan Republik Rakyat China. 

Baca juga : Inilah 5 Pesawat Tempur Andalan Negara Cina

Pesawat Sukhoi Su-30MKK ini adalah pesawat tempur kelas berat, semua cuaca, dan pesawat tempur strike jarak jauh, sebanding dengan Amerika F-15E Strike Eagle. 



Pesawat Su-30MK2 adalah perbaikan lebih lanjut untuk Su-30MKK dengan avionik yang ditingkatkan dan kemampuan strike maritim. Pesawat MKK dan MK2 saat ini dioperasikan oleh Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat, Angkatan Udara Indonesia, Angkatan Udara Rakyat Vietnam, Angkatan Udara Venezuela dan Angkatan Pertahanan Rakyat Uganda.

Spesifikasi Su-30MK2 :

Spesifikasi Su-30MK2

Persenjataan :


Persenjataan Su-30 mkk

* Sukhoi Su-35 


Sukhoi Su-35 Indonesia
Sukhoi Su-35 Indonesia (rencana)
Sukhoi Su-35 (Kode NATO: Flanker-E) adalah pesawat tempur multiperan, kelas berat, berjelajah panjang, dan bertempat duduk tunggal asal Rusia. Pesawat ini dikembangkan dari Su-27, dan awalnya diberi nama Su-27M. Pesawat ini dikembangkan untuk menandingi F-15 Eagle dan F-16 Fighting Falcon. 

Baca juga : Mengupas Kecanggihan Sukhoi Su-35 yang Bisa Lampaui Jet Siluman F-22 Raptor

Karena kesamaan fitur dan komponen yang dikandungnya, Su-35 dianggap sebagai sepupu dekat Sukhoi Su-30MKI, sebuah varian Su-30 yang diproduksi untuk India.

Pesawat ini sendiri merupakan seri flanker terakhir dan merupakan pengisi kekosongan generasi antara generasi 4 dan generasi 5, bisa dimasukkan dalam generasi 4++.


Baca juga : Jet Tempur Canggih F-35 AS Jadi Cibiran Karena Dinilai Kalah dari Su-27 Rusia

Pesawat Su-35 perdana kemudian dikembangkan lagi menjadi Su-35BM, yang memasuki deretan produksi sebagai Su-35S. Angkatan Udara Rusia saat ini mengoperasikan 12 pesawat tempur Su-35 sejak tahun 2008.


Baca juga : Lagi : Setelah Jet Su-24 Ditembak Jatuh Militer Turki, Rusia Bombardir Perbatasan Turki

Spesifikasi Su-35 :


Spesifikasi Su-35

Persenjataan Sukhoi Su-35 :


Persenjataan Sukhoi Su-35

Dirangkum dari berbagai sumber di google,wikipedia dll.


Mengupas Perbedaan Pesawat Tempur Su-24, Su-30MKK, Su-35BM Milik Rusia
tags : pesawat tempur rusia, jet tempur bomber stealth rusia, foto jet manufer jet tempur su 30, jumlah sukboi tni au, jumlah jet tempur indonesia, Pesawat Tempur Tercanggih 2015, pesawat tempur produksi indonesia, jet tempur rusia, jenis pesawat jet tempur tercanggih malaysia, pesawat tempur siluman tni, pesawat militer indonesia 2015, jumlah total pesawat tempur tni, pesawat tempor indo, jumlah sukhoi tni au 2015.


Klik like untuk mendapatkan pembaruan :



Back To Top