Sekilas Tentang Kapal Penghancur Bystry Milik Rusia - Artileri | Kumpulan Berita Militer

Sekilas Tentang Kapal Penghancur Bystry Milik Rusia


Rusia adalah salah satu negara yang dikenal memiliki peralatan perang nomor wahid di jagat raya. Mulai dari jet tempur kebanggaan mereka, Sukhoi, hingga kapal perang. Untuk kapal perang, Rusia memiliki berbagai jenis, mulai dari jenis pengintai hingga penghancur.

Salah satu kapal penghancur, atau destroyer Rusia adalah Bystry, yang saat ini tengah bersandar di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Kapal dengan panjang 157 meter itu sudah berada di Tanjung Priok sejak 25 Desember lalu, dan akan mengakhiri lawatan di tanah air pada hari ini, Selasa (29/12).



kapal destroyer Rusia Bystry

Sindonews berkesempatan untuk menengok salah satu kapal penghancur kebanggan Rusia tersebut. Walaupun tidak bisa melongok sampai ke jeroan kapal, namun dari sisi luar sudah terlihat betapa gagah dan kuatnya kapal dengan bobor 4.500 Kg tersebut.

Baca juga : Kapal Perusak 'Bystry' Rusia Dijadwalkan Tiba Hari Ini di Jakarta

"Kapal ini memiliki teknologi untuk mencegat rudal yang datang. Selain itu, kapal ini juga memiliki persenjataan yang mampu untuk menghancurkan kapal selam," kata Wakil Komandan Armada Pasifik Rusia, Glotilla, Rear Admiral Alexander Yuldashev saat menggelar konfrensi pers di atas Bystry.

Berdasarkan pantauan Sindonews, kapal yang masuk ke dalam kelas Sovremenny itu memiliki dua buah meriam raksasa yang terletak di bagian belakang dan depan kapal. Menurut keterangan awak kapal, senapan tersebut memuntahkan peluru dengan kaliber 130 mm, terbesar diantara kapal-kapal lainnya.


Baca juga : Mengintip uji Coba USS Milwaukee untuk US NAVY

Selain itu, tampak di kedua sisi kapal terdapat delapan buah tabung, empat di sisi kiri dan lima di sisi kanan, yang merupakan pelontar roket. Sayang, ketika mencoba dikorek lebih jauh, awak kapal Bystry enggan memberikan rincian lebih jauh mengenai roket jenis apa yang ditembakan, dan berapa banyak roket yang bisa ditembakan dalam sekali tembak.

Di bagian paling atas terdapat sebuah helipad, atau tempat mendarat helikoper dan sebuah ruang kontrol. Sebuah pemancar raksasa, yang merupakan radar kapal andalan Rusia tampak juga terus berputar, yang menunjukan bahwa kapal ini memang masih beroperasi penuh. 


Baca juga : 10 Daftar Kapal Perang Paling Besar dan Canggih di Dunia

Selain Bystry, sejatinya ada 4 jenis kapal perusak kelas Sovremenny lainnya yang beroperasi di dunia, yaitu Gremyashchiy (Armada Utara), Bespokoyny (Armada Baltik), Nastoychivy (Armada Baltik), dan Admiral Ushakov (Armada Utara). Namun, Bystry adalah kapal yang menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan Rusia, dan mungkin dunia.

Baca juga : 
Mengupas KRI Usman Harun dan Senjata Canggih Apa saja yang Disematkan di Dalamnya

Sementara itu, Sebelum mengakhiri lawatannya di Indonesia, Kapal Penghancur Bystry dilaporkan akan melakukan sejumlah latihan perang gabungan dengan Angkatan Laut Indonesia. Menurut keterangan Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhael Y. Galuzin, latihan gabungan ini akan berfokus pada komunikasi dan strategi perang.




Klik like untuk mendapatkan pembaruan :



Back To Top